UOB Indonesia Luncurkan U-Energy, Platform Pembiayaan Terintegrasi Pertama di Asia

- Jumat, 24 Juni 2022 | 11:37 WIB
Press Conference Launching platform U-Energy dari UOB Indonesia (Dok. UOB Indonesia)
Press Conference Launching platform U-Energy dari UOB Indonesia (Dok. UOB Indonesia)

HALLOBISNISNEWS - UOB Indonesia, Kamis (23/6) meluncurkan U-Energy, platform pembiayaan terintegrasi yang pertama di Asia dalam rangka mendorong pengembangan dan adopsi proyek efisiensi energi bagi bangunan dan rumah di Tanah Air. Langkah ini menyusul keberhasilan peluncuran platform serupa di Singapura, Malaysia, dan Thailand.

Melalui U-Energy, UOB Indonesia membantu bisnis dan pemilik rumah melakukan penghematan tagihan listrik, mencapai emisi karbon, dan mencapai tujuan pembangunan berkelanjutan. Di Indonesia, komitmen yang kuat untuk andil dalam penanganan perubahan iklim diperkuat dengan penyusunan kebijakan utama dalam sektor energi. Indonesia juga menargetkan untuk mengurangi emisi dan mencapai emisi nol bersih pada tahun 2060.

Sementara pemilik bangunan dan pemilik rumah terus menyatakan ketertarikan terhadap proyek efisiensi energi guna mengurangi penggunaan energi, mereka kerap mengalami kekurangan dukungan dana dan kemampuan dalam menemukan perusahaan jasa energi (ESCO).

Bertolak dari hal tersebut, UOB telah mengembangkan U-Energy untuk mengatasi kesenjangan tersebut.“Sebagai sebuah bank, kami memiliki tanggung jawab untuk bermitra dengan nasabah dalam transisi menuju pertumbuhan yang berkelanjutan. Oleh karena itu, kami senang dapat memperkenalkan U-Energy yang merupakan sebuah platform keuangan terintegrasi yang progresif untuk membantu pemilik rumah dan bangunan dalam berkontribusi terhadap lingkungan yang lebih bersih," kata Harapman Kasan, Wholesale Banking Director UOB Indonesia.

Baca Juga: Wika Beton Tuntaskan Lebih Cepat Produksi Slab Track Proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung

Di Indonesia, platform U-Energy akan bekerjasama dengan empat penyedia jasa energi lokal yang dapat dimanfaatkan nasabah dalam proyek efisiensi energi, antara lain PT Amerindo Energy Solutions (yang juga dikenal dengan ‘Synergy Efficiency Solutions”), Barghest Building Performance, G-Energy, dan Schneider Electric. Mitra-mitra U-Energy ini dapat mendukung proyek efisiensi energi mulai dari pemanfaatan chiller sampai mengganti tangga berjalan dengan teknologi regenerasi energi.

Pemilik bangunan industri dan komersil dapat memilih pembelian langsung peralatan atau skema penghematan energi dengan pembiayaan hijau UOB. Berdasarkan skema ini, pemilik bangunan dapat memperoleh pinjaman, dengan menyetujui pemanfaatan peralatan yang optimal dan sistem penyesuaian ukuran alat-alat oleh mitra U-Energy. ***

Editor: Agustaman

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Rahasia Sukses Biji Kakao Jembrana yang Mendunia

Sabtu, 1 Januari 2022 | 13:58 WIB
X