Himbara Kucurkan Kredit Rp400 Miliar ke ITDC, Biayai Pembangunan KEK Mandalika

- Minggu, 5 September 2021 | 02:57 WIB
Desain KEK Mandalika NTB. (Dok.ist)
Desain KEK Mandalika NTB. (Dok.ist)

HALLO BISNISNEWS - Sinergi antara Badan Usaha Milik Negara (BUMN) kembali terjadi antara Himbara (Himpunan Bank Milik Negara) dan PT Pengembangan Pariwisata Indonesia (Persero) atau Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC)

Kali ini sindikasi bank Himbara yang terdiri dari BNI, BRI, BTN dan Bank Mandiri kucurkan kredit sebesar Rp 400 miliar ke ITDC buat pembiayaan pengembangan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika, Nusa Tenggara Barat (NTB).

Kerja sama tersebut juga mencakup pembiayaan untuk pembangunan Jalan Kawasan Khusus (JKK) atau street circuit dan pembiayaan penyelenggaraan ajang balap motor internasional dengan limit Rp150 miliar.

Di antaranya World Superbike November 2021, Pre Season Test MotoGP pada Februari 2022, dan MotoGP pada Maret 2022.

Baca Juga: Tangkap Gigen Telenggeng, Satgas Nemangkawi Sita 3 Pucuk Senjata Api

Kerja sama antara ITDC dan Himbara terwujud dengan ditandatanganinya Perjanjian Fasilitas Kredit Sindikasi untuk KEK Mandalika pada Jumat, 3 September 2021.

Selain itu, kerja sama tersebut juga mencakup pemberian fasilitas Non Cash Loan/SBLC dengan limit hingga EUR 14,6 juta.

Asisten Deputi Bidang Jasa Pariwisata dan Pendukung Kementerian BUMN Endra Gunawan menyampaikan bahwa pembangunan Mandalika International Street Circuit sangat penting karena akan memberikan manfaat agregat yang besar bagi Indonesia dan NTB.

Baca Juga: Restrukturisasi Pertamina Pangkas Proses Persetujuan Investasi di Holding dan Subholding

“Sesuai hasil perhitungan yang kami terima, MotoGP dapat menambah kunjungan wisatawan hingga 300.000 orang per tahun. Ini jumlah yang signifikan guna menambah kunjungan wisatawan apalagi di masa pandemi ini,” katanya dalam siaran pers, Sabtu 4 September 2021.

Halaman:

Editor: Andy Jacob

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X