BI Teken Kerjasama Dengan Otoritas Moneter Singapura Untuk Tangkal Money Laundry dan Inovasi Pembayaran

- Jumat, 21 Januari 2022 | 21:01 WIB
Bank Indonesia dan Monetary Authority of Singapore Perluas Kerja Sama di Area Kebanksentralan serta Regulasi Sektor Keuangan dan Inovasi Keuangan  (aseanbriefing.com)
Bank Indonesia dan Monetary Authority of Singapore Perluas Kerja Sama di Area Kebanksentralan serta Regulasi Sektor Keuangan dan Inovasi Keuangan (aseanbriefing.com)

HALLO BISNISNEWS - Bank Indonesia (BI) dan Monetary Authority of Singapore (MAS) menyepakati kerja sama untuk memperkuat dan mempererat hubungan kedua bank sentral di area kebanksentralan dan inovasi Sistem Pembayaran termasuk Anti Pencucian Uang dan Pencegahan Pendanaan Terorisme (APU-PPT).

Kesepakatan tersebut dituangkan melalui penandatanganan Nota Kesepahaman[1] antara BI dan MAS yang dilakukan oleh Gubernur BI, Perry Warjiyo, dan Managing Director MAS, Ravi Menon pada Jumat, 21 Januari 2022.

MoU tersebut mencerminkan kepentingan bersama antara Indonesia dan Singapura untuk berkolaborasi dalam berbagai proyek terkait dengan inovasi pembayaran, serta kerja sama di berbagai area kebanksentralan lainnya.

Kerja sama di area kebanksentralan tersebut mencakup antara lain kebijakan moneter, kebijakan makroprudensial, stabilitas keuangan, pengawasan sistem pembayaran dan setelmen, kerangka pengaturan dan pengawasan, serta anti pencucian uang dan pencegahan pendanaan terorisme.

Baca Juga: Australia dan Inggris Akan Serang Balik Serbuan Siber dari China, Rusia, dan Iran

Gubernur Bank Indonesia menyampaikan bahwa penandatanganan MoU tersebut memberikan kesempatan untuk memperluas dan meningkatkan kolaborasi antara kedua bank sentral serta menjawab berbagai tantangan yang semakin kompleks di area kebanksentralan termasuk APU-PPT.

"MoU ini juga menunjukkan upaya kolaboratif kedua bank sentral dalam memajukan ekonomi dan keuangan digital, serta memerangi tindakan pencucian uang dan pendanaan terorisme," papar Perry Warjiyo dalam keterangan persnya.

Managing Director MAS Ravi Menon menyampaikan bahwa Bank Indonesia dan Monetary Authority of Singapore telah memiliki hubungan kerja sama yang terjalin di berbagai area sejak lama.

Baca Juga: PT Kimia Farma Tbk (KAEF) Dapat Sub Lisensi Obat Molnupuravir Untuk Lawan Virus Covid-19

"Nota Kesepahaman ini menunjukkan komitmen MAS untuk memperkuat kemitraan dan meningkatkan kolaborasi antara kedua bank sentral di berbagai area yang menjadi kepentingan bersama, seperti inovasi keuangan dan konektivitas pembayaran," kata Menon.

Halaman:

Editor: Agustaman

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Presiden Akan Berikan BLT Minyak Goreng

Minggu, 3 April 2022 | 10:51 WIB

Terpopuler

X