FGD Moneter – HPN 2022: Percepatan Digitalisasi Jadi Pendorong Ekonomi Daerah

- Jumat, 28 Januari 2022 | 10:07 WIB
FGD Fiskal dan Moneter dalam rangka HPN 2022 secara hybrid dari Kantor Dewan Pers Jakarta. (Dok.ist)
FGD Fiskal dan Moneter dalam rangka HPN 2022 secara hybrid dari Kantor Dewan Pers Jakarta. (Dok.ist)

HALLO BISNISNEWS – Percepatan digitalisasi akan mendorong pertumbuhan ekonomi nasional dalam rangka memulihkan kondisi perekonomian pasca pandemi Covid-19.

Pemerintah daerah perlu mendorong para pelaku usaha UMKM di daerah untuk memanfaatkan kemajuan teknologi guna menggerakkan perekonomian.

Demikian sari dari FGD Moneter dalam rangka Hari Pers Nasional 2022 yang bertema “Strategi Pemulihan Ekonomi Daerah Pasca Pandemi” yang dogelar secara hybrid dari Gedung Dewan Pers, Jakarta, Kamis (27/01/2022).

Saat ini perkembangan digitalisasi, gaya hidup, dan ekonomi digital di Indonesia kian hari makin pesat dan merata, kata Ekonom Universitas Gadjah Mada, Prof. Sri Adiningsih selaku Steering Leader dalam FGD Moneter tersebut.

Dia menyebutkan, digitalisasi telah merambah ke berbagai aspek kehidupan. Bahkan perkembangan dalam satu dekade ke depan yakni 2020-2030 akan meningkat hingga lima kali lipat.

Baca Juga: Etalase Digital Produk UMKM ber-SNI Dongkrak Daya Saing dan Digitalisasi UMKM

Ekonom yang sekaligus Founder Institute of Social Economic Digital (ISED) ini menyatakan aktivitas perekonomian ke depan akan semakin memanfaatkan teknologi digital.

Perkembangan tersebut setiap orang harus mampu adaptif terhadap digitalisasi ekonomi dan aktivitas perekonomian secara online.

“Akan tetapi saat ini ada sejumlah tantangan yang dihadapi yakni terkait keamanan data dan keamanan bertransaksi ekonomi,” jelas Guru Besar UGM ini.

Di masa depan teknologi dan manusia akan saling melengkapi sehingga digitalisasi dapat meningkatkan kualitas kehidupan manusia dengan tetap mengedepankan manusia sebagai pusat pengendali yang tak dapat tergantikan oleh kecanggihan teknologi digital manapun.

Halaman:

Editor: Andy Jacob

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Presiden Akan Berikan BLT Minyak Goreng

Minggu, 3 April 2022 | 10:51 WIB

Terpopuler

X