BI: Pertumbuhan Kinerja Penjualan Eceran Februari Sedikit tertahan

- Kamis, 10 Maret 2022 | 12:57 WIB
Ilustrasi: antrian minyak goreng di Surabaya (selalu.id)
Ilustrasi: antrian minyak goreng di Surabaya (selalu.id)

HALLO BISNISNEWS - Survei penjualan eceran Februari 2022 yang dilakukan Bank Indonesia menyimpulkan perbaikan kinerja penjualan eceran diperkirakan berlanjut dengan pertumbuhan yang sedikit tertahan.

“Hal ini tercermin dari Indeks Penjualan Riil (IPR) Februari 2022 yang diprakirakan sebesar 202,8 atau tetap tumbuh 14,5 persen (yoy), meskipun tidak setinggi bulan sebelumnya sebesar 15,2 persen,” kata Direktur Eksekutif Departemen Komunikasi Bank Indonesia (BI) Erwin Haryono dalam keterangannya di Jakarta, Kamis (10/3).

Perlambatan tersebut terjadi pada kelompok suku cadang dan aksesori serta makanan, minuman dan tembakau.

Secara bulanan, penjualan eceran diprakirakan terkontraksi 3,2 persen (mtm). Penurunan penjualan terjadi pada mayoritas kelompok, seperti kelompok barang budaya dan rekreasi, suku cadang dan aksesori serta bahan bakar kendaraan bermotor.

Baca Juga: Jokowi Apresiasi Upaya KY Bangun Transparansi kepada Masyarakat

“Hal tersebut sejalan dengan turunnya permintaan masyarakat, pasokan yang lebih terbatas dan kondisi cuaca yang kurang mendukung,” ujarnya.

Adapun pada periode sebelumnya, hasil Survei Penjualan Eceran (SPE) mengindikasikan kinerja penjualan eceran periode Januari 2022 meningkat secara tahunan. Indeks Penjualan Riil (IPR) Januari 2022 tercatat sebesar 209,6, atau tumbuh 15,2 persen (yoy), meningkat dibandingkan bulan sebelumnya sebesar 13,8 persen (yoy).

Mayoritas kelompok mencatatkan perbaikan kinerja penjualan eceran pada periode tersebut, terutama kelompok bahan bakar kendaraan bermotor, suku cadang dan aksesori, dan subkelompok sandang.

Secara bulanan, penjualan eceran tercatat terkontraksi sebesar 3,1 persen (mtm) dari 7,6 persen (mtm) pada bulan sebelumnya, sejalan dengan pola musiman normalisasi permintaan pasca perayaan HBKN Natal dan tahun baru.

Baca Juga: Sri Mulyani: APBN Ibarat Shock Arsober, Lindungi Rakyat dari Jalan Gronjal-gronjal

Halaman:

Editor: Agustaman

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Presiden Akan Berikan BLT Minyak Goreng

Minggu, 3 April 2022 | 10:51 WIB
X