Perdana Menteri Jepang Bubarkan Parlemen Jelang Pemilu 31 Oktober Mendatang

- Kamis, 14 Oktober 2021 | 23:11 WIB
Parlemen Jepang  (Dok.ist)
Parlemen Jepang (Dok.ist)

HALLO BISNISNEWS - Perdana Menteri Jepang Fumio Kishida membubarkan majelis rendah Parlemen pada Kamis, 14 Oktober 2021 untuk menggelar pemilihan umum pada akhir bulan ini.

Pemungutan suara, yang akan diadakan pada 31 Oktober, akan menjadi ujian besar pertama Kishida sejak memenangkan pemilihan ketua partai yang berkuasa pada 29 September lalu dan secara resmi diangkat sebagai Perdana Menteri ke-100 Jepang pada 4 Oktober lalu.

Media lokal melaporkan Partai Demokrat Liberal yang berkuasa pimpinan Kishida akan memanfaatkan momentum kemorosotan nasional belakangan ini akibat kasus Covid-19 demi menggalang dukungan bagi partai tersebut.

Baca Juga: Ditelepon Soal Kontrak Messi, Pochettino Pikir Hanya Candaan

Perdana Menteri sebelumnya, Yoshihide Suga, tidak mencalonkan diri dalam pemilihan ketua partainya, menyusul adanya gejolak selama masa jabatannya yang ditandai dengan merosotnya dukungan publik dalam upaya menangkal virus Corona.

Kishida mendorong apa yang disebutnya sebagai "kapitalisme baru." Dia telah berjanji untuk menaikkan gaji golongan kelas menengah dan menerapkan paket stimulus ekonomi senilai 290 miliar dolar AS untuk menghidupkan kembali ekonomi negaranya, Reuters melaporkan.

Dia telah berkomitmen untuk memperkuat respon pemerintah terhadap Covid-19 dan mengatakan pada Selasa lalu bahwa pemerintah akan memberikan suntikan booster vaksin gratis pada awal Desember.

Baca Juga: Sedikitnya 46 Orang Tewas Setelah Api Melahap Bangunan Perumahan 13 Lantai di Taiwan

Kishida juga telah berjanji untuk mempromosikan Indo-Pasifik yang bebas dan terbuka di tengah meningkatnya ketegangan dengan China dan Korea Utara. ***

Editor: Andy Jacob

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Xiaomi Bakal Produksi Mobil Secara Massal pada 2024

Rabu, 20 Oktober 2021 | 15:47 WIB
X