Kazakhstan Mencekam! Puluhan Pengunjuk Rasa dan 12 Polisi Tewas, 1 Dipenggal

- Kamis, 6 Januari 2022 | 22:40 WIB
Kerusuhan yang mencekam di Kazakhstan
Kerusuhan yang mencekam di Kazakhstan

HALLO BISNISNEWS - Pihak berwenang mengungkapkan puluhan pengunjuk rasa tewas di Kazakhstan dalam penyerangan terhadap gedung-gedung pemerintah dan setidaknya 12 polisi tewas, termasuk satu yang ditemukan dipenggal.

Ada upaya untuk menyerbu gedung-gedung pemerintah semalam di kota terbesar di negara itu, Almaty. "Puluhan penyerang dilumpuhkan," kata juru bicara polisi Saltanat Azirbekv kepada media pemerintah Khabar-24, Kamis (6/1/2022).

Upaya perusuh menyerbu gedung-gedung pemerintah terjadi setelah kerusuhan yang meluas di kota itu pada hari Rabu, termasuk penyitaan gedung walikota, yang dibakar.

Baca Juga: Gempa Berkekuatan 6,2 M Mengguncang Wilayah Pantai Timur Taiwan

Saluran berita negara Khabar-24 mengutip kantor komandan kota yang mengatakan pada hari Kamis bahwa 353 petugas penegak hukum lainnya terluka selain 12 orang yang tewas.

Kazakhstan mengalami gelombang protes jalanan terburuk yang pernah dialami negara itu sejak memperoleh kemerdekaan tiga dekade lalu.

Aksi demonstrasi dimulai sejak hari Minggu ketika para demonstran memrotes atas kenaikan tajam harga bahan bakar gas cair. Protes dimulai di barat negara itu tetapi menyebar ke Almaty dan ibu kota Nur-Sultan.

Baca Juga: Gawat! Kasus COVID-19 Mencapai Rekor Tertinggi di Seluruh Dunia, Pusat Pengujian dan Karantina Bakal Kewalahan

Pada awal tahun, harga gas LPG naik sekitar dua kali lipat karena pemerintah menarik diri dari kontrol harga sebagai bagian dari upaya untuk beralih ke ekonomi pasar.

Pada hari Rabu, Tokayev berjanji untuk mengambil tindakan keras untuk memadamkan kerusuhan dan menyatakan keadaan darurat selama dua minggu untuk seluruh negeri.

Halaman:

Editor: Hans Dante

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X