Inilah Jet Tempur Bertenaga Nuklir Pertama di Dunia, Bisa Terbang 15 Tahun Tanpa Mendarat

- Kamis, 6 Januari 2022 | 23:17 WIB
TR-3B, jet tempur bertenaga nuklir pertama di dunia buatan Amerika Serikat.
TR-3B, jet tempur bertenaga nuklir pertama di dunia buatan Amerika Serikat.

HALLO BISNISNEWS - Jet tempur bertenaga nuklir pertama di dunia buatan Amerika Serikat (AS) dengan nama TR-3B begitu menghebohkan dunia persenjataan.

Pasalnya, pesawat yang dikembangkan oleh Lockheed Martin ini memiliki 68.000 tenaga kuda dan dapat terbang terus-menerus tanpa mendarat selama 15 tahun. TR-3B menggunakan B-52 sebagai pengangkut.

AS sebenarnya pernah mengumumkan kepada dunia luar tentang pesawat delta anti-gravitasi bertenaga nuklir TR-3B terbaru pada 1 Oktober 2019. Namun, operasional TR-3B dirahasiakan dan kerap dikira sebagai UFO alien oleh para saksi mata yang melihatnya.

Baca Juga: China Pamer Rudal Hipersonik Bertenaga Nuklir, Amerika Serikat Mulai Khawatir

Lantaran pengerjaannya sangat dirahasiakan, TR-3B kerap dianggap sebagai proyek fiktif. Namun, ia sebenarnya dibuat dengan teknologi yang sudah tersedia pada pertengahan 1980-an atau sebelumnya.

Mengutip ulasan Defence View, Kamis (6/1/2022), platform kedirgantaraan bertenaga nuklir berbentuk segitiga ini dikembangkan di bawah "Aurora Program" dengan Strategic Defense Initiative (SDI) dan uang "anggaran hitam".

Aurora Program adalah program pengembangan rahasia untuk kendaraan kedirgantaraan canggih dan bertanggung jawab untuk pengembangan pengintaian strategis hipersonik.

Baca Juga: Rudal Hipersonik AS Bisa Jangkau Rusia dalam 21 Menit, China Sudah Uji Keliling Bumi

Penerbangan operasional pertama pesawat taktis TR-3B adalah pada awal 90-an. Teknologi pastinya dikembangkan dari rekayasa balik artefak alien yang dipulihkan dan program seperti SR-74 dan SR-75 digunakan di TR-3B.

Sekitar 3 miliar dolar AS ditambahkan dalam proyek TR-3B dan pesawat itu diketahui terbang pada tahun 1994.

Halaman:

Editor: Hans Dante

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X