Presiden Jokowi Resmikan Bendungan Bendo, Untuk Tingkatkan Produktivitas Pertanian

- Selasa, 7 September 2021 | 18:53 WIB
Presiden Joko Widodo meresmikan bendungan Bendo di Kabupaten Ponorogo, Jawa Timur, Selasa, 7 September 2021 (presidenri.go.id)
Presiden Joko Widodo meresmikan bendungan Bendo di Kabupaten Ponorogo, Jawa Timur, Selasa, 7 September 2021 (presidenri.go.id)

HALLO BISNISNEWS - Presiden Joko Widodo meresmikan Bendungan Bendo, dalam kunjungan kerjanya ke Provinsi Jawa Timur, Selasa, 7 September 2021.

Bendungan yang terletak di Kabupaten Ponorogo tersebut, dibangun dengan biaya Rp1,1triliun dan memiliki kapasitas 43 juta meter kubik dengan luas genangan 170 hektar, serta tinggi bendungan 74 meter.

“Ini akan menyediakan irigasi untuk 7.800 hektar sawah dan juga untuk pasokan air baku 370 liter per detik, serta bisa mengurangi banjir, mereduksi banjir 31 persen atau sebesar 117,4 meter kubik per detik,” ujar Presiden, seperti dikutip dari situs presiden.go.id.

Baca Juga: Komodo Terancam Punah, Perubahan Iklim dan Berkurangnya Bahan Makanan Jadi Penyebab Utama

Presiden Jokowi pun berharap agar Bendungan Bendo dapat disambungkan dengan seluruh jaringan irigasi yang ada sehingga dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya oleh masyarakat, khususnya para petani dalam meningkatkan produktivitas pertanian.

Bendungan Bendo merupakan satu dari 17 bendungan yang telah dan akan diselesaikan pemerintah selama tahun 2021.

Beberapa bendungan yang telah diresmikan adalah Bendungan Tukul di Pacitan, Provinsi Jawa Timur, Bendungan Tapin di Provinsi Kalimantan Selatan, Bendungan Napun Gete di Provinsi Nusa Tenggara Timur, Bendungan Sindangheula di Provinsi Banten, dan Bendungan Kuningan di Provinsi Jawa Barat.

Baca Juga: Produk Alat Kesehatan Indonesia Diminati Buyer AS, Raih Transaksi 150 Miliar

Bendungan Way Sekampung di Lampung yang awal September kemarin juga sudah kita resmikan dan sekarang Bendungan Bendo di Kabupaten Ponorogo, Provinsi Jawa Timur,” ujar Presiden.

Sedangkan sepuluh bendungan lainnya masih dalam proses pembangunan dan diharapkan dapat segera diresmikan dalam waktu dekat.

Halaman:

Editor: Agustaman

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Sambut Event G20 Mendatang, TMII Bakal Dipercantik

Rabu, 19 Januari 2022 | 19:40 WIB

Terpopuler

X