Sejumlah Aset eks BLBI Diserahterimakan ke Pemkot Bogor dan Tujuh Kementerian/Lembaga

- Kamis, 25 November 2021 | 20:13 WIB
Menteri Keuangan Sri Mulyani saat Serah Terima Hibah dan Penetapan Status Penggunaan Aset Eks BLBI kepada Pemerintah Kota Bogor dan tujuh Kementerian/Lembaga  (24/11/2021) (Kemenkeu Foto/Biro KLI-Edy)
Menteri Keuangan Sri Mulyani saat Serah Terima Hibah dan Penetapan Status Penggunaan Aset Eks BLBI kepada Pemerintah Kota Bogor dan tujuh Kementerian/Lembaga (24/11/2021) (Kemenkeu Foto/Biro KLI-Edy)

HALLO BISNISNEWS - Pada hari ini Kamis (25/11) telah dilaksanakan Serah Terima Hibah dan Penetapan Status Penggunaan Aset Eks BLBI kepada Pemerintah Kota Bogor dan tujuh Kementerian/Lembaga diantaranya adalah Badan Narkotika Nasional (BNN), Kementerian Keuangan, Kementerian Pertahanan, Kepolisan Negara RI, Kementerian Agama, Badan Pusat Statistik, (BPS) serta Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi.

“Pertama, kepada Walikota Bogor yang tadi beliau menyampaikan akan membuat ibukota baru di lokasi ini sehingga akan membuat keseluruhan kota Bogor menjadi jauh lebih baik merupakan tetangga langsung dari ibukota negara. Tadi asetnya mencapai 103.290 m2 dan bernilai Rp345,7 miliar,” sebut Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani yang hadir pada acara tersebut.

Kementerian Keuangan memperoleh Penetapan Status Penggunaan (PSP) atas aset-aset properti eks BLBI pada beberapa kota di Indonesia yaitu di Batam, Semarang, Makassar dan Samarinda dengan jumlah luas totalnya 2.576 m2 dan nilainya mencapai Rp112,3 miliar.

Menkeu mengatakan bahwa aset ini akan dipergunakan untuk membangun kantor-kantor vertikal Kementerian Keuangan seperti Kantor Pelayanan Pajak (KPP), Kantor Pelayanan Bea dan Cukai (KPBC), dan Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN).

Baca Juga: Sambangi Tapal Batas di Laut Natuna, Menko Polhukam Himpun Banyak Masukan

“Untuk BNN yang merupakan salah satu instansi sangat penting dalam menjaga Indonesia terhadap bahaya narkoba, kami juga senang bahwa tadi di Bandar Lampung dan di kota Bandung akan dihibahkan tanah yang akan dibangun menjadi markas atau kantor bagi BNN di Bandung maupun Bandar Lampung,” lanjut Sri Mulyani.

Kemudian, untuk Badan Pusat Statistik memperoleh hibah tanah di daerah Lhokseumawe yang mencapai 2.274 m2 dengan nilai Rp1,24 miliar.

Untuk Kementerian Pertahanan mendapatkan hibah lahan yang seluas 120 ribu m2 yang nilainya Rp3,13 miliar di Kabupaten Deli Serdang.

Kepolisian Negara Republik Indonesia juga mendapatkan lahan di Kabupaten Deli Serdang luas 195 ribu M2 dan bernilai Rp5,28 miliar. Untuk Kementerian Menko Marinvest, menerima tanah di Jakarta Barat senilai Rp6,58 miliar.

Baca Juga: Prancis Siap Kucurkan 520 Juta Euro Untuk Percepat Transisi Energi Hijau di Indonesia

Halaman:

Editor: Agustaman

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X