Presiden Jokowi Resmikan Bendungan Randugunting di Blora

- Kamis, 6 Januari 2022 | 10:33 WIB
Presiden Joko Widodo meresmikan Bendungan Randugunting di Kabupaten Blora, Provinsi Jawa Tengah, pada Rabu, 5 Januari 2022. (BPMI Setpres)
Presiden Joko Widodo meresmikan Bendungan Randugunting di Kabupaten Blora, Provinsi Jawa Tengah, pada Rabu, 5 Januari 2022. (BPMI Setpres)

HALLO BISNISNEWS - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Bendungan Randugunting di Kabupaten Blora, Provinsi Jawa Tengah, pada Rabu, 5 Januari 2022. Bendungan yang dibangun sejak tahun 2018 tersebut telah selesai dan siap dimanfaatkan.

“Bendungan ini memiliki kapasitas tampung air sebesar 14,4 juta meter kubik dan bisa mengairi kurang lebih 650 hektar sawah yang berada di Kabupaten Blora, Kabupaten Pati, dan Kabupaten Rembang,” ujar Presiden dalam sambutannya.

Kepala Negara berharap, kehadiran Bendungan Randugunting dapat menjadikan ketahanan dan kemandirian pangan menjadi makin baik. “Kunci dari ketahanan pangan adalah air, dan air itu akan ada kalau kita memiliki waduk yang sebanyak-banyaknya,” jelasnya.

Baca Juga: Kemenkop UKM Terbitkan Aturan Koperasi Multi Pihak, Tonggak Baru Model Koperasi di Indonesia

Bendungan Randugunting yang memiliki luas genangan 187,19 hektare tersebut juga memiliki sejumlah fungsi lain seperti penyediaan air baku sebanyak 200 liter per detik dan reduksi banjir sebanyak 81,42 meter kubik per detik. Bendungan Randugunting juga memiliki fungsi konservasi dan pariwisata.

“Kita harapkan juga Waduk Randugunting ini nanti juga bisa menjadi tempat pariwisata yang sangat baik bagi Kabupaten Blora dan masyarakat di sekitar Kabupaten Blora,” ujar Jokowi.

Pada kesempatan tersebut, para petani menyampaikan sejumlah harapan atas kehadiran bendungan yang memiliki kapasitas tampung sebesar 14,4 juta meter kubik tersebut.

Seorang petani dari Desa Sekarsari bernama Sukarji berharap agar keberadaan Bendungan Randugunting dapat bermanfaat bagi seluruh masyarakat, utamanya para petani di wilayah sekitar Kabupaten Blora, Kabupaten Rembang, dan Kabupaten Pati.

Baca Juga: Polri Persilakan Pihak yang Keberatan Bahar Smith Jadi Tersangka Untuk Tempuh Upaya Hukum

“Tanaman padi ini membutuhkan pengairan yang optimal, jadi harapan kami dari Bendungan Randugunting ini bisa menyuplai air ke Dam Kedung Sapen yang mana Dam Kedung Sapen ini bisa untuk mengairi daerah kami, daerah Kecamatan Sumber dan Kaliori, Kabupaten Rembang,” tuturnya.

Halaman:

Editor: Agustaman

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Sambut Event G20 Mendatang, TMII Bakal Dipercantik

Rabu, 19 Januari 2022 | 19:40 WIB
X