Satgas COVID-19: Terjadi Peningkatan Tren Kematian Akibat COVID-19

- Selasa, 15 Februari 2022 | 18:22 WIB
Ilustrasi virus Covid-19. Satgas COVID-19: Terjadi Peningkatan Tren Kematian Akibat COVID-19 (Dok.ist)
Ilustrasi virus Covid-19. Satgas COVID-19: Terjadi Peningkatan Tren Kematian Akibat COVID-19 (Dok.ist)

HALLO BISNISNEWS - Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan COVID-19 Wiku Adisasmito mengatakan tren kematian akibat COVID-19 mulai mengalami peningkatan meski lebih rendah dibandingkan ketika gelombang kedua penularan pandemi.

Dia mengatakan bahwa penambahan kasus positif nasional pada gelombang ketiga saat ini melonjak tajam lebih cepat dibandingkan gelombang kedua.

"Peningkatan kasus positif ini juga berdampak pada tren kematian yang saat ini juga sudah mengalami peningkatan. Kabar baiknya peningkatan di masa lonjakan ketiga ini jauh lebih rendah dibanding di masa lonjakan kedua," ujar Wiku dalam konferensi pers virtual, Selasa, 14 Februari 2022.

Koordinator Tim Pakar Satuan Tugas Penanganan COVID-19 itu, menjelaskan pada pekan lalu terdapat 505 orang meninggal dunia, sedangkan di masa lonjakan akibat penularan varian Delta terdapat lebih dari 12.000 orang meninggal dunia.

Baca Juga: Presiden Jokowi Putuskan Vaksinasi Booster Mulai 12 Januari Mendatang

Jumlah kenaikan per pekan pada pekan lalu hampir mencapai jumlah saat puncak kedua di masa penularan varian Delta.

Dia menyebut dengan terjadi penambahan sekitar 291.000 kasus COVID-19 pada pekan lalu, saat terjadi kenaikan akibat Omicron, dibandingkan penambahan 350.000 kasus ketika puncak penularan akibat Delta terjadi tahun lalu.

Terjadi juga tren kenaikan keterisian tempat tidur rumah sakit meski masih lebih rendah jika dibandingkan puncak ketika gelombang kedua. Tingkat keterisian nasional saat ini 32,85 persen, dibandingkan 77,32 persen yang menjadi rekor tertinggi ketika penyebaran varian Delta mencapai puncaknya.

Baca Juga: Pfizer-Biontech Mendorong Vaksinasi COVID-19 3-Dosis untuk Melawan Varian Omicron

Meski memiliki jumlah kematian yang lebih rendah, Wiku tetap mengingatkan pentingnya tetap menekan penambahan kasus khususnya untuk menghindari kelompok rentan tertular COVID-19.

Halaman:

Editor: Agustaman

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Sambut Event G20 Mendatang, TMII Bakal Dipercantik

Rabu, 19 Januari 2022 | 19:40 WIB

Terpopuler

X